Kapan Arwana Siap Kawin

Kapankah Ikan arwana dikategorika siap kawin? Secara umum ikan arwana dikategorikan mature/dewasa saati berumur 5 tahun.Pada taraf ini baik jantan maupun betina sudah dapat dikategorikan sebagai Indukan. Oleh sebab itu ,bila memiliki arwana dengan umur tersebut, sebaiknya digantikan dengan arwana yang masih muda atau jika memungkinkan arwana tersebut dimasukan kedalam kolam pemijahan. Ada beberapa arwana telah matang kawin yang dapat terdeteksi sejak dini. Pada arwana jantan ,kondisi matang memang bisa terlihat jelas yakni bila bagian perut telah membesar ,pertanda telah membawa bibit telur dan ada kalanya arwana tersebut mengeluarkan satu atau beberapa butir telur tersebut di dasar akuarium.

Perlu diperhatikan, terutama bagi arwana betina jika sudah matang kawin dan tidak tersalurkan birahinya, biasanya arwana tersebut akan mengamuk bahkan sampai mati .Bila arwana tersebut dibelah akan terlihat banyak telur didalam tubuhnya. Oleh karena itu ,disarankan untuk mengganti arwana yang matang kawin dengan arwana yang telah cukup umur dapat mulai dikembangbiakan. Tahap-tahap dan proses adaptasi ketika memindahkan arwana dari kolam ke akuarium biasa dilakukan di wilayah tambak arwana, yakni sebelum arwana tersebut siap dikirim ke pasar dan akhirnya menjadi ikan yang siap dipelihara di rumah. Arwana yang berasal dari tambak sudah pasti hidup dalam kondisi yang berbeda dibandingkan dalam akuarium. Biasanya, tahap awal yang dilakukan adalah proses adaptasi terlebih dahulu atau dikenal dengan istilah pemberokan. Ikan sebelum dikirim ke pasar biasanya diberok terlebih dahulu atau melalui tahap adaptasi sebelum arwana tersebut siap dipasarkan. Arwana yang berasal dari kolam sudah dapat dipastikan tidak berada dalam kodisi yang mulus.

arwana yang mati karena birahinya tidak tersalurkan. Bila dibelah akan terlihat banyak telur

 Hal ini karena faktor lingkungan arwana tersebut. Ikan akan terlihat gerepes pada bagian ekor, sirip, dan dayung. Tubuh ikan akan tampak tidak begitu bersih. Tahap awal yang dilakukan pada waktu dipindahkan ke akuarium adalah penyesuaian air terlebih dahulu, yaitu dengan mengoplos air kolam dengan air baru dalam akuarium. Pada saat proses adaptasi ini, dapat digunakan garam ikan dan obat-obatan antiseptik untuk membersihkan bibit penyakit yang berasal dari kolam. Proses pembersihan ikan ini ideal dilakukan selama 3 sampai 6 bulan sampai arwana siap dikirim untuk mengisi akuarium di rumah.




0 komentar: